Baktora | MataMata.com
Hasyim Asy'ari Ketua KPU RI. (Instagram/@kpu_ri)

Matamata.com - Unggahan Roy Suryo terkait foto cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka yang dituding menggunakan pengumpan telinga dan tiga mikrofon untuk membantunya debat pada Jumat 22 Desember 2023 lalu ditanggapi Ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari.

Ketua KPU RI ini memastikan bahwa mikrofon yang diberikan para kandidat cawapres sama baik jumlah dan fungsinya. Hasyim Asy'ari menyebut Roy Suryo tukang fitnah terhadap foto yang dia unggah di media sosialnya.

Hal itu pun membuat Roy Suryo tak terima hingga mengancam Hasyim melaporkannya ke Polisi. Kendati begitu, Hasyim enggan berlarut-larut menanggapi mantan narapidana yang terjerat kasus UU ITE itu. Di mana Roy Suryo terbukti menyebarkan foto meme stupa Borobudur yang berunsur SARA.

"Tanya saja dia habis kena pidana apa," sindir Hasyim dikutip, Rabu (27/12/2023).

Roy Suryo sebelumnya mempertanyakan tiga mikrofon yang digunakan Gibran Rakabuming Raka selama debat cawapres. Wali Kota Solo itu dianggap lancar menyampaikan pernyataannya karena menggunakan earphon yang diduga ada bantuan dari timnya.

Meski begitu, Hasyim memastikan bahwa alat yang diduga mirip earphone yang berada di masing-masing cawapres, termasuk Gibran tersebut merupakan gantungan mikrofon.

"Semua cawapres pakai alat yang sama. Semua cawapres dapat 3 mik untuk antisipasi jika salah satu mik mati," terang dia.

"Itu bukan ear feeder [pengumpan suara di telinga], itu mik yang ditempel di pipi dan dicantolkan ke kuping," ujar Hasyim.

Load More