Yohanes Endra | MataMata.com
Putri Ariani. (Instagram/arianinismaputri)

Matamata.com - Putri Ariani Diberi Beasiswa Nadiem Makarim, Tuai Pro Kontra: Banyak yang Lebih Butuh.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek), Nadiem Makarim berniat memberikan beasiswa kepada Putri Ariani.

Namun, niat itu malah mendapatkan nyinyiran dari warganet. Banyak yang merasa tindakan Nadiem kurang tepat.

Baca Juga:
Pernah Audisi di AGT 2018 Tapi Gagal, Putri Ariani: Bukan Ditolak Tapi ...

Setelah mendapat Golden Buzzer di America's Got Talent (AGT) 2023, Putri Ariani menerima apresiasi dari banyak pihak, termasuk Nadiem Makarim yang akan merealisasikan mimpinya untuk berkuliah di The Juilliard School, Amerika Serikat.

Nadiem menyampaikan bahwa Putri Ariani akan dibantu melalui Beasiswa Indonesia Maju (BIM). Namun pemberian beasiswa terhadap Putri justru mengundang komentar nyinyir dari warganet dengan akun Twitter @ngurahsaka.

Akun tersebut merasa Putri Ariani berasal dari keluarga mampu sehingga tidak perlu diprioritaskan untuk beasiswa. Menurutnya, Nadiem seharusnya fokus pada guru-guru di Indonesia yang masih menerima gaji tak manusiawi.

Baca Juga:
Paru-parunya Belum Jadi, Putri Ariani Cerita Dulu Sering Lupa Cara Napas

"Bisa ke Amerika sendiri kok dikasih beasiswa. Banyak yang lebih membutuhkan pak Nadiem, dan terutama urus dulu gaji guru tuh," cuitnya dikutip pada Selasa (13/6/2023).

Selain prihatin dengan gaji guru, akun @ngurahsaka menyarankan agar Indonesia harus berhenti untuk memprioritaskan jalur-jalur viral seperti yang kerap dilakukan tahun ini.

Pernyataan akun tersebut sontak menuai pro kontra dari warganet lain. Ada yang setuju, tapi tidak sedikit juga yang merasa Putri Ariani tetap layak karena sudah berprestasi sejak dulu.

Baca Juga:
Dulu Dibully Kini Terkenal, Putri Ariani Curhat Gak Punya Banyak Teman

"Aku dapat poinnya. Putri memang berhak dapat beasiswa karena berprestasi. Tapi banyak anak lain yang tidak/belum viral yang juga butuh beasiswa karena berprestasi. Pemerintah tidak mencari tahu, selalu berdasarkan apa yang lagi viral saja. Kalau tidak viral jarang dikasih beasiswa," komentar warganet.

"Bagaimanapun juga Putri berhak dapat beasiswa atas prestasinya ini. Kalau urusan banyak yang membutuhkan dan gaji guru ya protes pada lain konteks, jangan membandingkan sama prestasi orang lain yang emang sudah layak," sahut warganet lain.

Kontributor: Chusnul Chotimah
Load More